Tentang Pegunungan Bromo sebagai Pilihan Tempat Penyelenggaraan Jazz Gunung

jazzgunung2012-1

Pemilihan kawasan pegunungan Bromo sebagai tempat penyelenggaraan Jazz Gunung berangkat dari beberapa pemikiran mendasar. Antara lain dari aspek pariwisata dimana Bromo termasuk dari tiga destinasi emas “Tiga B”, yaitu Borobudur, Bromo dan Bali.

Namun, Bromo masih terhitung sepi dan cenderung dilewatkan wisatawan. Bromo belum menjadi top of mind dari destinasi wisata yang ada di Indonesia, karena identitas dari Bromo adalah matahari terbit. Para pelancong biasanya datang di sore atau malam hari, kemudian bermalam agar dapat menikmati matahari terbit pada dini hari. Lalu mereka meninggalkan Bromo pada pagi hari.

Walaupun peristiwa matahari terbit di Bromo memang menjadi pesona utama Bromo yang sudah mendunia, seperti yang diakui oleh situs Lonely Planet, yang menilai peristiwa matahari terbit di Bromo sebagai wisata gunung terbaik ketiga di dunia, setelah Gunung Olympia di Yunani dan Gunung Elbrus di Russia, tampaknya perlu ada alternative pesona wisata lain selain keindahan matahari terbit. Maka, Jazz Gunung hadir sebagai salah satu alternatif  identitas pesona Bromo.

Jazz Gunung ini digagas oleh Sigit Pramono, seorang bankir dan fotografer yang mencintai Bromo dan musik jazz; dan didukung oleh Butet Kartaredjasa, seorang seniman yang serba bisa; serta Djaduk Ferianto, seniman musik yang kerap diundang pentas di mancanegara membawakan world music dengan ciri Indonesia yang kental.

Terima kasih Pak Sigit, Mas Butet dan Kang Djaduk yang telah memikirkan Bromo, Suku Tengger dan Probolinggo. Sebuah perjuangan nyata memajukan pariwisata daerah yang patut diteladani Warga Probolinggo.

Bagaimana pendapat Anda?

Tanggapan Anda

15 thoughts on “Tentang Pegunungan Bromo sebagai Pilihan Tempat Penyelenggaraan Jazz Gunung

  1. Jazz gunung menggabungkan wisata alam dg musik modern. Alàm sendiri sesungguhnya memiliki musiknya sendiri. Paduan jazz dg musik alam ini menambahkan nuansa baru yg segar. Salut untuk para penggagas yg selain senang berhibur, jg bertujuan mulia memajukan bromo dan masyarakatnya.

  2. Kalimat pertama saya adalah “Terimakasih om Sigit, om Butet, dan om Djaduk”. Melalui tangan anda bertiga, kami di Jawa Timur bisa mendapat kolaborasi show musik dan alam secara bersamaan. Konsep yg luar biasa. Saya sangat yakin, kalo event ini digelar annually, paling tidak selama 5 tahun berturut-turut dg kualitas guest star sama atau lebih bagus dari tahun sebelumnya (2012), Bromo akan menjadi jujugan pertama dan utama wisatawan asing dan lokal di pertengahan tahun seperti sekarang ini. Sekali lagi terima kasih buat anda bertiga, menjadi pelepas dahaga dan rasa haus kami terhadap musik berkualitas yang menyatu dg alam seperti di Jazz Gunung ini. Bravo!

  3. Pak Sigit, Mas Butet, Mas Djaduk dan segenap pelaksana telah meningkatkan prestise dan membawa nuansa baru pada wisata Gunung Bromo, sehingga bukan hanya keindahan alamnya namun wisatawan dapat pula menikmati representasi keindahan budaya Indonesia yang eksotis. Musik jazz merupakan salah satu musik yang dapat diterima secara internasional, sehingga sangat mendukung eksistensi wisata Bromo yang mendunia. Bravo Bromo.

  4. Indahnya jazz, merdunya gunung..

    dua objek yang berbeda, namun ketika disatukan akan bisa menjadi suatu kenyamanan tersendiri untuk para penikmat musik..

    di tahun ke 5 ini, kejutan apa lagi yg akan di berikan pada Jazz Gunung 2013?

    buat kami bersenang-senang Pak Sigit, suarakan musik jazz di atas gunung.

    terimakasih.

  5. Beberapa kali pentas Music JAZZ di gelar di gunung Bromo, terasa aneh jazz kog di gunung, ini satu sisi, sisi yang lain klo dikaitkan dengan marketing hal ini sangat luar biasa baik eksekutif bahkan rakyat biasa bisa menikmati music gunung. Dan yg terpenting adalah ajang promo gunung bromo terus meningkat setelah erupsi. Salut kepada penggagas cemermang JAZZ gunung Bromo

  6. ide diadakannya jazz gunung yang akan diadakan di gunung Bromo Probolinggo
    sangatlah kreatif dan dapat menarik wisatawan domestik maupun manca
    negara untuk berkunjung ke gunung Bromo. sehingga dengan ketertarikan
    wisatawan tersebut pengunjung gunung Bromo semakin bertambah dan
    pendapatan suku Tengger yang ada disekitar gunung Bromo semakin
    meingkat. jazz gunung ini dapat di gelar setiap tahunnya dengan
    advertisement yang menarik sehingga minat wisatawan untuk berkunjung ke
    Gunung Bromo semakin bertambah. dan gunung Bromo dapat terkenal dengan
    jazz gunung, karena jazz gunung dapat diadakan setiap tahunnya. sehingga
    masyarakat dapat mengetahui secara pasti bahwa jazz gunung akan
    diadakan setiap tahunnya di gunung Bromo.

  7. Bromo = Indah,, Jazz = merdu,, Alam akan ikut bernyanyi ketika musik jazz dimainkan.. It’s so amazing!! Sangat berkelas!! Gunung Bromo adalah identitas Jazz Gunung.. Love bromo Mountain, love Jazz Gunung.. Terimakasih ide brilian pak sigit, mas djaduk, dan mas butet!! (Y)

  8. jazz gunung ini merupakan right event on the right place! karena kita bisa menikmati musik jazz di alam bromo yang indah dan menakjubkan. Bukan hanya itu kita juga bisa mendekatkan diri dengan alam, sudah saatnya kita memikirkan alam. Ide yang sangat brilian saya pikir

  9. Pertama saya salut buat ide cemerlang pak sigit, om djaduk, dan om butet.. Keindahan gunung bromo memang harus lebih diekspoler. Menurut saya Jazz adalah musik yg berkelas, dan akan lebih nikmat jika didukung suasana yang indah. Kawasan bromo yang jauh dari kebisingan sangat tepat dijadikan tempat untuk mendengar dan melihat pertunjukan berkelas itu. Semoga dengan adanya event taunan seperti Jazz Gunung ini,, Kawasan Gunung Bromo bisa makin dikenal dan menjadi salah satu tujuan wisata untuk wisatawan domestik dan mancanegara. Dengan demikian semua aspek yg ada disekitar gunung bromo akan lebih maju.

  10. Ide yang sangat brilian dari Pak Sigit, yang dibantu Mas Butet dan Mas Djaduk. Ini tidak seperti event-event musik jazz pada umumnya. Jazz Gunung adalah satu-satunya pertunjukan musik jazz yang memilih gunung sebagai venue. Akan sangat menyenangkan apabila Jazz Gunung terus digelar setiap tahunnya, dan akan banyak dampak positif terhadap Gunung Bromo dan warga di sekitarnya. Saya sangat mendukung dan mengapresiasi penuh event ini.

  11. Saya sangat setuju jazz gunung di adakan di daerah bromo. Dengan demikian selain memajukan ekonomi masyarakat di sekitar kawasan tersebut , nama bromo akan semakin dikenal . Sangat tepat pemilihan jazz gunung sebagai salah satu alternatif identitas pesona bromo yang seperti pesona musik jazz

  12. Peserta Kuis ke-3 > Tulis pendapat di bagian komentar di atas. Poin penilaian bertambah jika Anda klik “LIKE” artikel di atas, atau tekan G+1 atau Share via Tweet..

Leave a Reply