Penghargaan Tertinggi Kota Sehat diraih Kota Probolinggo

logo kota ProbolinggoSebuah acungan jempol untuk Warga Kota Probolinggo. Penghargaan ini adalah untuk Warga dan para Staff Tata Kota, karena indikatornya adalah penilaian pada 6 tatanan kawasan. Pak Wali hanya wakil para Warga untuk menerimanya, bukan? ūüôā Berikut info:

Pemerintah Kota Probolinggo kembali mendapatkan prestasi membanggakan, kali ini adalah penghargaan Swasti Saba Wistara, yaitu piala dan piagam tertinggi untuk kota sehat, dari Kementrian Kesehatan RI, yang diserahkan oleh Menteri Kesehatan RI Nafsiah Mboi, kepada Walikota Probolinggo H.M.Buchori, di Hotel Merlyn Park Jakarta, Kamis (14/11).

Penghargaan diterima oleh Walikota H.M.Buchori, dalam acara penutupan konferensi nasional promosi kesehatan ke-6, dalam peringatan hari kesehatan nasional ke-49 tahun 2013.

Untuk penghargaan kota sehat tertinggi yang di raih Kota Probolinggo kali ini, ada 6 tatanan kawasan yang diikutkan, diantaranya kawasan kehidupan kehidupan sosial yang sehat, kawasan permukiman sarana dan prasarana sehat, kawasan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, kawasan ketahanan pangan dan gizi, dan kawasan industri perkantoran sehat.

Terkait penghargaan kota sehat ini Walikota H.M.Buchori yang didampingi Kepala Bappeda Sanusi Sapuwan mengatakan, penghargaan ini tidak lepas dari peran serta semua SKPD, dan kedepan menurut Walikota penghargaan ini harus terus dipertahankan, jika tidak dipertahankan maka prestasi tersebut akan turun. “Untuk kedepan program-program yang sudah dilaksanakan harus tetap dilanjutkan, termasuk terus memperbaikikelemahan-kelemahan yang ada, ” kata Walikota H.M.Buchori.

Kota Sehat secara sederhana dapat diartikan sebagai kota yang situasi dan kondisinya menjamin seluruh penduduknya agar dapat melaksanakan tugas dan aktifitas masing-masing dengan baik dan produktif. Konsep Kota Sehat merupakan pola pendekatan untuk mencapai kondisi kota yang aman, nyaman dan sehat bagi warganya melalui upaya peningkatan kualitas lingkungan fisik, sosial dan budaya secara optimal sehingga dapat mendukung peningkatan produktifitas dan perekonomian wilayah (atau lebih bertujuan kepada good governance). Kota Sehat merupakan suatu gerakan untuk mendorong inisiatif masyarakat (capacity building) menuju hidup sehat.

Sebelumnya Pemkot Probolinggo tahun 2009 lalu, menerima penghargaan swasti saba padapa, kemudian tahun 2011 menerima Swasti Saba Wiwerda, dan penghargaan yang diberikan dua tahun sekali ini berdasarkan beberapa indikator.

Sumber: http://www.surabayapagi.com РPenulis Yt

Anda punya artikel yang ingin di share disini? Email saja ke goprobolinggo@gmail.com dan jangan lupa follow twitter @GoProbolinggo 

Tanggapan Anda

Leave a Reply