Pantai Duta Pantai Konservasi Alam yang Tersembunyi

Pantai Duta

Pantai Duta namanya. Desa Randutatah, Kecamatan Paiton, Probolinggo lokasinya. Namun karena minimnya petunjuk, pantai ini seperti tersembunyi dari peta wisata Kabupaten Probolinggo.

Awalnya Pantai Duta ini dahulu lalu adalah pantai gersang dan kotor, demikian kesaksian seorang netizen, Violetta Wahyu

testimoni warga tentang pantai duta

Lalu Jawa Power YTL, perusahaan pembangkit listrik swasta turun tangan untuk membantu Pak Azis pencetus ide Pantai Konservasi mendatangkan ribuan bibit mangrove dan cemara laut. Tak hanya itu, dengan teknologi kelistrikan bersumber dari sinar matahari, YTL Power membangun penerangan disekitar lokasi.

Pantai Duta dan Listrik tenaga surya

Sebagai area konservasi, Pantai Duta memiliki lahan penyemaian bibit penghijauan utama: cemara laut (Casuarina equisetifolia) yang didatangkan khusus dari Pak Ali Mansur ~ Guru MTS peraih penghargaan Kalpataru di Tuban.

Terdapat juga papan informasi tentang perjalanan Bapak Abdul Azis dan Kelompok Tani Mangrove Desa Randutatah, Paiton  dalam menghijaukan pantai yang gersang.

Fasilitas Musholla, Warung tempat makan dan Toilet yang dijaga bersih, merupakan fasilitas kebutuhan yang pokok sudah disediakan. Ada pula play ground dan ayunan laut tempat anak-anak bermain. Ada pula Gazebo tampat nongkrong di area ini, namun baru satu.

play house di pantai duta

ayunan-laut-pantai-duta

 

Tanggapan Anda

One thought on “Pantai Duta Pantai Konservasi Alam yang Tersembunyi

Comments are closed.