Peringatan Tsunami dibatalkan setelah Jepang diGOYANG Gempa 7.3 skala Richter

TOKYO –GoProbolinggo. Semua peringatan tsunami dicabut sekitar dua jam setelah gempa bawah laut yang kuat membuat ribuan orang melarikan diri ke tempat yang aman di wilayah Tohoku.

Peringatan Tsunami dikeluarkan setelah gempa berkekuatan 7,3 terjadi di sekitar 19:20, kata NHK.

Gempa terjadi pada pukul 5:18, pengaturan bangunan di Tokyo bergoyang keras selama beberapa menit. Hal ini diikuti oleh gempa susulan 6,2, menurut Survei Geologi Amerika Serikat.

Gempa diukur 5 pada skala Jepang satu sampai tujuh di Iwate, Miyagi, Aomori, Ibaraki dan prefektur Tochigi, dan 3 di Tokyo, Badan Meteorologi Jepang mengatakan.

Badan itu mengatakan pusat gempa berada 240 kilometer sebelah timur Sendai, Miyagi Prefecture dan 10 kilometer di bawah dasar laut.

Pihak berwenang mendesak warga di sepanjang garis pantai untuk mengingat bencana dan melanjutkan ke tempat yang lebih tinggi setelah gempa awal mengguncang wilayah tersebut.

Sistem telepon macet dengan volume tipis panggilan, memperumit upaya pejabat daerah untuk mengevakuasi daerah yang terkena.

Meteorologi mengatakan gelombang tsunami satu meter-tinggi menyapu darat hanya setelah 6 pm di Ayukawa, Ishinomaki, kota yang parah terkena tsunami 2011 gempa yang dihasilkan yang rusak balut besar pantai, menewaskan ribuan orang.

Tsunami yang lebih kecil beberapa juga dicatat, termasuk gelombang 40 sentimeter di Soma, sebuah kota yang terletak tepat di luar zona evakuasi menyatakan sekitar pabrik nuklir Fukushima setelah kebocoran di sana tahun lalu.

Pejabat di Minamisanriku, Miyagi Prefecture, mengatakan bahwa mereka melakukan yang terbaik untuk membuat orang ke tempat yang aman, tetapi mengalami kesulitan teknis.

“Kami sudah meminta orang untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi,” kata pejabat kota Ryuichi Omori AFP. “Ini sudah gelap gulita di sini. Telepon-baik sambungan telepon rumah dan ponsel-tidak normal, yang membuatnya sulit untuk melihat gerakan rakyat. Kami sekarang menyiapkan gugus tugas bencana. “

Sebuah presenter di NHK berulang kali mengatakan kepada pemirsa untuk mencari perlindungan keselamatan setelah gempa awal, yang membuat bangunan Tokyo bergoyang keras.

“Ingat gempa tahun lalu dan tsunami,” katanya. “Menyerukan kepada tetangga Anda dan melarikan diri ke tempat yang lebih tinggi sekarang!”

Tidak ada ancaman Tsunami Pasifik yang luas, monitor AS yang berbasis di Hawaii mengatakan. Pejabat baik di Indonesia dan Filipina mengatakan tidak ada ancaman tsunami lokal.

Seorang juru bicara TEPCO mengatakan gempa bumi tersebut telah berlalu tanpa insiden di pembangkit listrik Fukushima Daiichi nuklir rusak.

“Tidak ada kelainan telah tercatat pada instrumen di enam pabrik reaktor nuklir,” kata juru bicara TEPCO. “Semua pekerja diperintahkan untuk berlindung di dalam bangunan di pabrik Fukushima.”

Lima orang dibawa ke rumah sakit di Miyagi untuk cedera terhubung ke gempa, NHK mengatakan, menambahkan bahwa tidak ada tampaknya serius terluka.

Jiji mengatakan tiga orang lainnya mengalami luka ringan lebih jauh ke selatan.

Japan Railways East sementara ditangguhkan layanan kereta peluru Shinkansen untuk memeriksa kerusakan, kata Jiji, sedangkan Bandara Haneda di Tokyo dilaporkan akan beroperasi secara normal.

Narita airport dilaporkan telah kembali beroperasi setelah penghentian sementara.

Sumber yang diikuti GOProbolinggo adalah:

http://www.japantoday.com/category/national/view/m7-3-quake-hits-northeatsern-japan-tsunami-alert-issued-for-miyagi

Tanggapan Anda

Leave a Reply