JAZZ GUNUNG 2013: INDAHNYA JAZZ, MERDUNYA GUNUNG

Berlatarkan Pegunungan Bromo-Tengger-Semeru, beratapkan langit, serta menghadirkan komposisi musik jazz bernuansa etnik; begitulah suasana yang dihadirkan oleh Jazz Gunung, sebuah pagelaran musik jazz yang di tahun 2013 ini sudah kali kelimanya digelar.

jazzgunung2012

Jazz Gunung digagas oleh Sigit Pramono, seorang bankir dan fotografer yang mencintai Bromo dan musik jazz; didukung oleh seniman serba bisa, Butet Kartaredjasa; dan Djaduk Ferianto, seniman musik yang kerap diundang pentas di mancanegara.

Pagelaran Jazz Gunung diselenggarakan untuk meningkatkan apresiasi musik jazz etnik di tanah air, sekaligus memberikan nilai lebih kepada pariwisata Indonesia. Sejak tahun 2009, Jazz Gunung berhasil mencuri perhatian pecinta musik dan alam di Indonesia. Tahun ini Jazz Gunung didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai program pariwisata nasional yang akan mendongkrak potensi wisata di Jawa Timur. Diharapkan kegiatan ini menjadi salah satu agenda dan destinasi pariwisata Indonesia, sekaligus mengembangkan Bromo agar tidak sekedar sebagai tempat melihat matahari terbit. Jazz Gunung Indonesia dengan bangga kembali menggelar Jazz Gunung 2013 di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut, dengan format:

Waktu: 21 & 22 Juni 2013, 14.00 WIB s/d 21.00 WIB
Tempat: Panggung Terbuka Java Banana Bromo, Probolinggo, Jawa Timur

Di hari Jumat, 21 Juni 2013, Jazz Gunung akan menampilkan Yovie Widianto Fusion, Balawan and Batuan Ethnic Fusion, Bandanaira Duo, Sierra Soetedjo, Blambangan Art School Banyuwangi, dan Cantrek.

Di hari kedua, akan tampil Barry Likumahuwa Project, Rieka Roslan, Ring of Fire Project featuring Djaduk Ferianto, Idang Rasjidi and Jen Shyu, Kulkul Band, Kelompok Musik Etnik Kramat Madura, dan Tahez Komez.

Jazz Gunung selalu menyajikan sesuatu yang baru setiap tahunnya. Di tahun ini, venue Jazz Gunung dikembangkan menjadi sebuah amphitheater yang megah untuk menambah kenyamanan dan kapasitas pengunjung. Jazz Gunung Indonesia juga menyediakan paket tur untuk memudahkan para pengunjung dari segi akomodasi dan transportasi. Pemesanan tiket dan paket tur dapat dilakukan secara online di situs Jazz Gunung. Selain itu, pada tanggal 21-30 Juni 2013, Jazz Gunung Indonesia mempersembahkan Pestaraya Bromo, sebuah apresiasi untuk Suku Tengger yang mendiami kawasan Bromo. Pestaraya Bromo nantinya akan terdiri dari rangkaian kegiatan, yaitu Pestaraya Seni Rakyat, Pestaraya Kuliner, Pestaraya Jip, Pestaraya Sepeda Gunung dan yang terakhir adalah Pameran Seni.

Pameran seni rupa yang bertajuk “Art Bromo: Collision of Nature and Culture” akan dibuka tanggal 23 Juni 2013 di Java Banana Bromo Art Gallery.

Pameran yang dikuratori oleh Asmudjo Djono Irianto ini akan menampilkan karya-karya seni dari Erik Pauhrizi, Fatchurohman, Gatot Pujiarto, Joko Dwi Avianto, Kemal Ezedine, Maradita Sutantio, dan Yani Mariani Sastranegara.


Untuk informasi lebih lanjut mengenai Jazz Gunung dapat diakses melalui:

Official Website www.jazzgunung.com
Official Twitter Account @jazzgunung
Official Facebook Fan Page Jazz Gunung
Official Youtube Channel JazzGunung

Kami tunggu kehadiran Anda di Bromo!

Tanggapan Anda

7 thoughts on “JAZZ GUNUNG 2013: INDAHNYA JAZZ, MERDUNYA GUNUNG

Leave a Reply