Gajah itu, Telah Beranjak Lincah

PLN kini berubah

Perusahaan segedhe PLN yang memiliki berjibun Divisi dahulu memang lamban dalam hal merespon keluhan pelanggan. Image ini sudah tertanam, menancap sangat dalam di otak dan sanubari sebagian besar Warga pengguna listrik.

Namun kini, kita mesti mengakui ada perubahan. Perubahan untuk menjadi perusahaan publik yang benar-benar memberikan layanan.

Di Twitland Probolinggo, Sabtu pagi, perubahan itu tampak nyata. Saat Tim GOProbolinggo piket memonitor, terbaca status sebagai berikut:

@AdhienYeka
mesti dch PLN l0k weekend pemadaman listrik,h0bi bnget ch madamin listrik #Sebel dch

@GoProbolinggo: Lokasi yg padam dimana? Halo @infopaiton! RT @AdhienYeka: mesti dch PLN l0k weekend pemadaman listrik,h0bi bnget ch madamin listrik#Sebel

@AdhienYeka: di daerah pabean mgkin ja dringu jg padam RT @GoProbolinggo: Lokasi yg padam dimana? Halo @infopaiton! RT (cont) wl.gs/YJScD

Dengan sigap Mimin putri memainkan jari di tuts keyboard mencari akun twitter PLN dgn harapan tipis.. Semoga di weekend ini akun milik perusahaan yang lebih gedhe ketimbang gadjah itu ada

Yups setelah ketemu, kami coba saja ngetweet .. siapa tahu?

@GoProbolinggo: 9:40 @pln_123 Beberapa daerah di Probolinggo padam tanpa info ke masyarakat. Diantaranya Sukodadi, Pabean, Dringu

Kuatir ndak dipercaya karena tanpa sertakan bukti tweet warga, maka kami kirim lagi tweet sbb:

@GoProbolinggo: Halo @pln_123.. Ini laporan warga RT @AdhienYeka: di daerah pabean mgkin ja dringu jg padam RT @GoProbolinggo: Lokasi yg padam dimana?

Lalu menunggu.. detik demi detik berlalu..

Astaganagabonar! Diresponse loh Tweeps! ini skrinsyutnya..

Hebat! Di masa2 weekend gini loh Tweeps! PLN siagakan karyawan untuk terima pengaduan kita.
Manajemen PLN ternyata tidak lagi menutup mata dan telinga bahwa masih banyak kekurangan yang harus dibenahi dilapangan. Mari kita sambut dengan logika bening, bahwa niatan baik itu adalah sebuah langkah untuk bergerak melayani konsumennya. Kita.

Niat baik yang bertemu dengan keikhlasan dan kejujuran akan berbuah kelancaran. Untuk menindak lanjuti respons cepat PLN tersebut, Warga dimohon berikan alamat dan no telp yg dapat dihubungi. Nah sekarang pertanyaannya, siapkah kita menyambut gayung yang diserahkan Layanan PLN 123?

Jangan hanya bisa kritik, melolong berteriak minta bantuan listrik dihidupkan, jika pada giliran dimintai alamat dan nomor telepon, kita malah diam dan sembunyi. Itu tidak fair. Tidak adil.

Mengapa PLN 123 minta data tersebut, karena sebuah laporan itu harus A1. Akurat.

Jika info Tanpa Nama, Alamat & No Telpon, laporan langsung ditindak lanjuti, maka memudahkan sekelompok teroris yang ingin kacaukan, dengan kirim puluhan laporan bohong. Bahwa di Dringu padam, di RS Probolinggo padam, di seluruh kecamatan kota dan kabupaten padam. Jelas tidak mungkin bukan? dan jelas kita bukan tipe teroris bukan?

Tapi mestinya kan PLN sadar dan tahu banget, bahwa tampilkan nomor telepon di Twitter itu = ibarat mengundang dan mempersilakan maling masuk rumah. Info no telp via twitter itu bisa disalah gunakan orang untuk melakukan penipuan. Kami tahu banget bahwa itu lah alasan utama sebagian besar pelapor enggan kasih tahu alamat dan no tel ke PLN_123 via twitter.

Lalu bagaimana solusinya?

Kami usulkan 3 cara mudah.

  1. Untuk Pelapor via Twitter, Para Operator PLN_123 meminta nomor dengan cara Follow akun si pelapor dan meminta pelapor kirim DM (Direct Message) ke @PLN_123 info alamat lokasi yang padam, nama pelapor dan no telp yg bisa dihub. Dengan begini, nomor telp pelapor tidak akan ketahuan publik, dan aman dari gangguan penipu2.
  2. Para operator infokan akun Messenger yang bisa multi operator bisa berupa Gtalk atau YM karena bersifat tertutup. Kendala, tidak semua pelapor punya akun Gtalk / YM. Atau menggunakan LINE, atau teknologi terbaru menggunakan LIVE Chat.
  3. Angkat gagang telpon rumah (sekalipun lampu mati, listrik di pesawat telpon tetap nyala. Tekan  123. Barusan kami coba dari pesawat telpon PSTN (bukan HP) dr sebuah lokasi di Probolinggo. Ada suara “Selamat datang di layanan PLN, Tekan 2 untuk keluhan/gangguan listrik..”

Jadi?

Mari kita manfaatkan Layanan yang telah dihadirkan untuk kemudahan kita. Masa mau dilayani malah umbar kritik dan omelan, itukan sombong namanya..

Janganlah layanan-layanan baru itu keburu dicibir Tweeps.. karena wajah kita jelek kalo hanya bisa mencibir terus tanpa bisa tersenyum mengapresiasi kerja keras para karyawan PLN – yang bisa jadi diantara mereka adalah saudara kita dan sama-sama Anak Bangsa Indonesia.

Karena kerja keras para operator twitter @PLN_123 yang memverifikasi laporan kita dan menghubungi Unit2 pelayanan lokal di seluruh Indonesia lah yang menjadikan Perusahaan segede Gajah itu menjadi lincah bergerak melayani kita.

Bagaimana pendapat Anda?

  1. Banner dan gambar PLN adalah kopirait milik webmaster pln.co.id – Hak Cipta dilindungi Undang-undang
  2. Foto Adhienyeka adalah kopirait milik @Adhienyeka – Hak Cipta dilindungi Undang-undang

Tanggapan Anda

One thought on “Gajah itu, Telah Beranjak Lincah

  • December 4, 2012 at 1:08 pm
    Permalink

    artikel yg jujur n persuasif.. cpa nih penulisx?

Leave a Reply